TUGAS POKOK DAN FUNGSI BIDANG PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN EVALUASI

Administrator 1 Januari 2017 Profil
  1. Bidang Perencanaan dan Pengendalian Evaluasi mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang berkaitan dengan rancangan program daerah, pengkoordinasian, pembinaan, sinkronisasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan kegiatan.
  2. Dalam melaksanakan tugas Bidang Perencanaan dan Pengendalian Evaluasi menyelenggarakan fungsi :
  1. perencanaan dan perumusan kebijakan teknis bidang perencanaan dan pengendalian evaluasi;
  2. pelaksanaan fasilitasi, koordinasi, sinkronisasi dan penyiapan penyusunan perencanaan pembangunan, pengendalian, pelaporan dan evaluasi;
  3. pembinaan terhadap pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengendalian evaluasi;
  4. pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan hasil pelaksanaan program pembangunan;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh pimpinan terkait dengan tugas dan fungsinya.
  1. Uraian tugas Bidang Perencanaan dan Pengendalian Evaluasi, sebagai berikut :
  1. merumuskan konsep program kerja bidang perencanaan dan pengendalian evaluasi sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas;
  2. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja Badan agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas badan;
  3. mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  4. merencanakan pelaksanaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP-D), Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJM-D) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP-D), Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJM-D) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD);
  5. merencanakan koordinasi dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA);
  6. menyelenggarakan pembantuan terhadap Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), pembahasan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) dan verifikasi Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) sesuai aturan yang berlaku;
  7. menyelenggarakan proses perencanaan yang berkaitan dengan urusan perencanaan pembangunan;
  8. merencanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan urusan perencanaan pembangunan;
  9. melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah sesuai aturan yang berlaku;
  10. mengendalikan pelaksanaan di bidang perencanaan dan pengendalian evaluasi agar sesuai dengan sasaran kerja;
  11. mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  12. menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  13. melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  14. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  1. SUB BIDANG PERENCANAAN PROGRAM
  1. Sub Bidang Perencanaan Program mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan pemantauan, evaluasi serta pelaporan untuk pelaksanaan fungsi sub bidang perencanaan program.
  2. Uraian tugas Sub Bidang Perencanaan Program, sebagai berikut :
  1. merumuskan konsep program kerja sub bidang perencanaan program sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas;
  2. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja Badan agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas badan;
  3. mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  4. melaksanakan koordinasi dalam kegiatan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP-D), Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJM-D) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), koordinasi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP-D), Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJM-D) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD);
  5. menyusun rencana kebijakan yang berkaitan dengan Urusan perencanaan pembangunan;
  6. melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan urusan perencanaan pembangunan;
  7. melaksanakan koordinasi dalam penyusunan kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah (KUA);
  8. mengkoordinasikan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), pembahasan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) dan verifikasi Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD);
  9. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas masing-masing pada unit kerja;
  10. mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  11. menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  12. melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  13. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  1. SUB BIDANG PENGENDALIAN, PELAPORAN DAN EVALUASI
  1. Sub Bidang Pengendalian, Pelaporan dan Evaluasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan pemantauan, evaluasi serta pelaporan di bidang pengendalian, pelaporan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan  daerah.
  2. Uraian tugas Sub Bidang Pengendalian, Pelaporan dan Evaluasi, sebagai berikut :
  1. merumuskan konsep program kerja sub bidang pengendalian, pelaporan dan evaluasi sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas;
  2. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja badan agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas badan;
  3. mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  4. menyusun rancangan kebijakan yang berkaitan dengan urusan penunjang Sub Bidang Pengendalian, Pelaporan dan Evaluasi;
  5. merencanakan kegiatan monitoring, pengendalian, pelaporan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintah daerah yang bersumber dana dari Anggaran Kabupaten, Propinsi dan/atau Pemerintah Pusat;
  6. menyusun laporan hasil kegiatan pelaksanaan pembangunan pemerintah daerah, baik yang bersumber dana dari Anggaran Kabupaten, Propinsi dan/atau Pemerintah Pusat;
  7. melakukan koordinasi terhadap kegiatan yang bersumber dana dari Anggaran Kabupaten, Propinsi dan/atau Pemerintah Pusat yang dilaksanakan oleh OPD;
  8. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas masing-masing pada unit kerja;
  9. mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  10. menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban;
  12. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.